Skip to main content

CONTOH PROGRAM ASSEMBLY PENCARIAN HURUF

.model small
.code
org 100h
data:
jmp mulai

asal db 'fuadhasim$'
kata db 'masukan huruf yang dicari : $'
ket1 db 'Huruf ditemukan $'
ket2 db 'huruf tidak ditemukan $'

mulai:
xor bx, bx ;cek panjang kalimat

cek:
mov al, asal [bx] ; pindahan asal [index] ke al
inc bx
cmp al, '$'
jne cek
dec bx
mov cx, bx

xor bx,bx
mov ah,9
mov dx, offset asal
int 21h

mov ah,2
mov dl,13
int 21h
mov dl,10
int 21h

mov ah,9
mov dx,offset kata
int 21h
mov ah,1
int 21h
ulang:
mov dl,asal[bx]
inc bx
cmp dl, '$'
je salah
cmp al,dl
jne ulang
jmp benar

salah:
mov ah,2
mov dl,13
int 21h
mov dl,10
int 21h
mov ah,9
mov dx, offset ket2
int 21h
jmp barisbaru

benar:
mov ah,2
mov dl,13
int 21h
mov dl,10
int 21h
mov ah,9
mov dx, offset asal
int 21h
mov ah,2
mov dl,13
int 21h
mov dl,10
int 21h
mov ah,9
mov dx, offset ket1
int 21h
jmp barisbaru
barisbaru:
mov ah,2
mov dl,13
int 21h
mov dl,10
int 21h
int 20h

end data

Comments

Popular posts from this blog

Konsep Perangkat Keras Pada SmartPhone

KONSEP INPUT, PROSES DAN OUTPUT Konsep inputan, proses dan output pada smart phone sebagai berikut INPUT DEVICE Input device (alat input) adalah peralatan yang berfungsi untuk memasukkan data ke-dalam smartphone. Beberapa komponen Input device penting pada smart phone, yaitu: Touchscreen, trackball, keypad, kamera, mic dll. Alat Input di bagi 2 jenis yaitu : 1. Langsung = Memasukkan Input secara langsung ke CPU melalui alat input tanpa terlebih dahulu dimasukkan ke media simpanan luar, sehingga memungkinkan interaksi lamgsung antara pemakai dengan sistem smartphone. (Touchscreen, trackball, keypad, kamera, mic dll. ) 2. Tidak Langsung = Memasukkan Input tidak langsung ke CPU, tapi direkam dahulu ke suatu media mechine readable form (bentuk yang hanya bisa dibaca oleh smartphone). Bentuknya External Memory : Kartu Memori dll. OUTPUT DEVICE Output device (alat output) adalah peralatan yang berfungsi untuk menghasilkan keluaran, bisa berupa kertas ( hard copy ), layar monitor ...

BAHASA RAKITAN

Pertemuan Ke 1 (Satu) Tujuan Instruksional Khusus Mengerti dan Memahami Assembler dan Sistem bilangan Pokok Bahasan Pengenalan Bahasa Rakitan dan Sistem Bilangan Sub Pokok Bahasan - Pengenalan Bahasa Rakitan - Sistem bilangan biner - Sistem bilangan oktal - Sistem bilangan desimal - Sistem bilangan hexadesimal Daftar Pustaka 1. Tuntunan Praktis Pemrograman Assembly, Hartono Partoharsojo 2. Pemrograman dengan Bahasa Assembly, Susanto 3. Microprocessor Programmer’s, referensi Intel Co Apa Itu Bahasa Rakitan (Assembler) ? Bahasa Rakitan termasuk ke dalam bahasa tingkat rendah dan merupakan bahasa dasar komputer. Bahasa ini memerlukan logika yang cukup rumit di samping instruksinya yang jauh berbeda dengan bahasa pemrograman lainnya. Program yang dihasilkan memiliki kecepatan yang paling baik. Kelebihan dari bahasa rakitan adalah : 1. Memiliki fasilitas fungsi dan makro (ciri khas bahasa pemrograman yang menyebabkan pemrograman menjad...

CONTOH PROGRAM ASSEMBLY PENJUMLAHAN

PENJUMLAHAN 7+2=9 ========================================================================== .model small .code org 100h mulai: mov ah,01h mov bh,7 mov al,bh add bh,30h mov bl,2 mov al,bl add bh,bl mov ah,02h add bl,30h mov dl,bh int 21h int 20h end mulai  ==========================================================================