Skip to main content

CONTOH PROGRAM ASSEMBLY PENGGUNAAN CMP (INPUT 1 KARAKTER)

;Program input 1 karakter dari keyboard
.model small
.code
org  100h
MULAI:   JMP  START
Tanya    db 'Jawablah pertanyaan di bawah ini ! ',13,10
         db 'pakah anda seorang laki-laki? (Y/T)',13,10
         db 'Jawaban anda : $'
Jawab1   db 13,10,'Anda adalah seorang laki-laki',13,10,'$'
Jawab2   db 13,10,'Anda adalah seorang wanita',13,10,'$'
Jawab3   db 13,10,'Maaf keyword yang anda masukkan salah',13,10,'$'

START:            MOV  AH, 09H
                  LEA  DX, Tanya
                  INT  21h
ULANG:          
                  MOV  AH, 01H   ;input dari keyboard 1 huruf
                  INT  21h
                  CMP  AL, 'Y'
                  JE   LAKI
                  CMP  AL, 'y'
                  JE   LAKI
                  CMP  AL, 'T'
                  JE   WANITA
                  CMP  AL, 't'
                  JE   WANITA
          JNE SALAH
                JMP ULANG
         
WANITA:
                  MOV  AH,09H
                  LEA  DX,Jawab2
                  INT  21H
                  JMP  SELESAI
LAKI:
                  MOV  AH,09H
                  LEA  DX,Jawab1
                  INT  21H
SALAH:
                  MOV  AH,09H
                  LEA  DX,Jawab3
                  INT  21H
                  JMP  SELESAI
SELESAI:       
                  INT  20h
END  MULAI

Comments

Popular posts from this blog

Konsep Perangkat Keras Pada SmartPhone

KONSEP INPUT, PROSES DAN OUTPUT Konsep inputan, proses dan output pada smart phone sebagai berikut INPUT DEVICE Input device (alat input) adalah peralatan yang berfungsi untuk memasukkan data ke-dalam smartphone. Beberapa komponen Input device penting pada smart phone, yaitu: Touchscreen, trackball, keypad, kamera, mic dll. Alat Input di bagi 2 jenis yaitu : 1. Langsung = Memasukkan Input secara langsung ke CPU melalui alat input tanpa terlebih dahulu dimasukkan ke media simpanan luar, sehingga memungkinkan interaksi lamgsung antara pemakai dengan sistem smartphone. (Touchscreen, trackball, keypad, kamera, mic dll. ) 2. Tidak Langsung = Memasukkan Input tidak langsung ke CPU, tapi direkam dahulu ke suatu media mechine readable form (bentuk yang hanya bisa dibaca oleh smartphone). Bentuknya External Memory : Kartu Memori dll. OUTPUT DEVICE Output device (alat output) adalah peralatan yang berfungsi untuk menghasilkan keluaran, bisa berupa kertas ( hard copy ), layar monitor ...

BAHASA RAKITAN

Pertemuan Ke 1 (Satu) Tujuan Instruksional Khusus Mengerti dan Memahami Assembler dan Sistem bilangan Pokok Bahasan Pengenalan Bahasa Rakitan dan Sistem Bilangan Sub Pokok Bahasan - Pengenalan Bahasa Rakitan - Sistem bilangan biner - Sistem bilangan oktal - Sistem bilangan desimal - Sistem bilangan hexadesimal Daftar Pustaka 1. Tuntunan Praktis Pemrograman Assembly, Hartono Partoharsojo 2. Pemrograman dengan Bahasa Assembly, Susanto 3. Microprocessor Programmer’s, referensi Intel Co Apa Itu Bahasa Rakitan (Assembler) ? Bahasa Rakitan termasuk ke dalam bahasa tingkat rendah dan merupakan bahasa dasar komputer. Bahasa ini memerlukan logika yang cukup rumit di samping instruksinya yang jauh berbeda dengan bahasa pemrograman lainnya. Program yang dihasilkan memiliki kecepatan yang paling baik. Kelebihan dari bahasa rakitan adalah : 1. Memiliki fasilitas fungsi dan makro (ciri khas bahasa pemrograman yang menyebabkan pemrograman menjad...

CONTOH PROGRAM ASSEMBLY PENJUMLAHAN

PENJUMLAHAN 7+2=9 ========================================================================== .model small .code org 100h mulai: mov ah,01h mov bh,7 mov al,bh add bh,30h mov bl,2 mov al,bl add bh,bl mov ah,02h add bl,30h mov dl,bh int 21h int 20h end mulai  ==========================================================================