Skip to main content

CONTOH PROGRAM ASSEMBLY INPUT KALIMAT 2 KALI

.Model Small
    .Code
    ORG     100h
   
mulai :
    JMP Proses
    T_Enter     Equ 0DH
    Kal0         db 'Ketikkan satu Kalimat : $'
    Kal1         db 13,10,'Kalimat tersebut adalah : $'
    hasil     db 23,?,23 DUP(?)
    Jmp proses1
    T_Enter1     Equ 0DH
    Kal2        db 'Ketikkan satu Kalimat : $'
    Kal3         db 13,10,'Kalimat tersebut adalah : $'
    hasil1     db 23,?,23 DUP(?)
Proses :
    MOV     AH,09
    LEA     DX,Kal0
    INT     21h ; Cetak kalimat Kal0
    MOV     AH,0AH ; Servis Input kalimat
    LEA     DX,hasil ; DX menunjuk pada offset Buffer
    INT     21h ; Input kalimat !
    MOV     AH,09
    LEA     DX,Kal1
    INT     21h ; Cetak kalimat Kal1
    LEA     BX,hasil+2 ; BX menunjuk byte ke 3 Buffer

Ulang:
    CMP     BYTE PTR [BX],T_Enter ; Apakah karakter Enter?
    JE     proses1 ; Ya! Lompat ke Exit
    MOV     DL,[BX] ; Masukkan karakter pada DL
    MOV     AH,02 ; Servis cetak karakter
    INT     21h ; Cetak karakter
    INC     BX ; BX := BX+10
    JMP     ulang ; Lompat ke Ulang

Proses1 :
    MOV     AH,09
    LEA     DX,Kal2
    INT     21h ; Cetak kalimat Kal0
    MOV     AH,0AH ; Servis Input kalimat
    LEA     DX,hasil ; DX menunjuk pada offset Buffer
    INT     21h ; Input kalimat !
    MOV     AH,09
    LEA     DX,Kal3
    INT     21h ; Cetak kalimat Kal1
    LEA     BX,hasil+2 ; BX menunjuk byte ke 3 Buffer
Ulang1:
    CMP     BYTE PTR [BX],T_Enter ; Apakah karakter Enter?
    JE     EXIT ; Ya! Lompat ke Exit
    MOV     DL,[BX] ; Masukkan karakter pada DL
    MOV     AH,02 ; Servis cetak karakter
    INT     21h ; Cetak karakter
    INC     BX ; BX := BX+1
    JMP     Ulang1 ; Lompat ke Ulang
   
EXIT:
    INT     20h ; Kembali ke DOS !
End mulai







Atau Bisa Juga Yang ini


.Model Small
.Code
ORG     100h
   
mulai :
    JMP Proses
    T_Enter     Equ 0DH
    Kal0         db 13,10,'Ketikkan satu Kalimat : $'
    Kal1         db 13,10,'Kalimat tersebut adalah : $'
    hasil     db 13,10,23,?,23 DUP(?)
   
Proses :
    MOV     AH,09
    LEA     DX,Kal0
    INT     21h ; Cetak kalimat Kal0
    MOV     AH,0AH ; Servis Input kalimat
    LEA     DX,hasil ; DX menunjuk pada offset Buffer
    INT     21h ; Input kalimat !
    MOV     AH,09
    LEA     DX,Kal1
    INT     21h ; Cetak kalimat Kal1
    LEA     BX,hasil+2 ; BX menunjuk byte ke 3 Buffer

Ulang:
    CMP     BYTE PTR [BX],T_Enter ; Apakah karakter Enter?
    JE     Proses1 ; Ya! Lompat ke Exit
    MOV     DL,[BX] ; Masukkan karakter pada DL
    MOV     AH,02 ; Servis cetak karakter
    INT     21h ; Cetak karakter
    INC     BX ; BX := BX+1
    JMP     Ulang ; Lompat ke Ulang

Proses1 :
    MOV     AH,09
    LEA     DX,Kal0
    INT     21h ; Cetak kalimat Kal0
    MOV     AH,0AH ; Servis Input kalimat
    LEA     DX,hasil ; DX menunjuk pada offset Buffer
    INT     21h ; Input kalimat !
    MOV     AH,09
    LEA     DX,Kal1
    INT     21h ; Cetak kalimat Kal1
    LEA     BX,hasil+2 ; BX menunjuk byte ke 3 Buffer
   
Ulang1:
    CMP     BYTE PTR [BX],T_Enter ; Apakah karakter Enter?
    JE     EXIT ; Ya! Lompat ke Exit
    MOV     DL,[BX] ; Masukkan karakter pada DL
    MOV     AH,02 ; Servis cetak karakter
    INT     21h ; Cetak karakter
    INC     BX ; BX := BX+1
    JMP     Ulang1 ; Lompat ke Ulang

EXIT:
    INT     20h ; Kembali ke DOS !
End mulai

Comments

Popular posts from this blog

Konsep Perangkat Keras Pada SmartPhone

KONSEP INPUT, PROSES DAN OUTPUT Konsep inputan, proses dan output pada smart phone sebagai berikut INPUT DEVICE Input device (alat input) adalah peralatan yang berfungsi untuk memasukkan data ke-dalam smartphone. Beberapa komponen Input device penting pada smart phone, yaitu: Touchscreen, trackball, keypad, kamera, mic dll. Alat Input di bagi 2 jenis yaitu : 1. Langsung = Memasukkan Input secara langsung ke CPU melalui alat input tanpa terlebih dahulu dimasukkan ke media simpanan luar, sehingga memungkinkan interaksi lamgsung antara pemakai dengan sistem smartphone. (Touchscreen, trackball, keypad, kamera, mic dll. ) 2. Tidak Langsung = Memasukkan Input tidak langsung ke CPU, tapi direkam dahulu ke suatu media mechine readable form (bentuk yang hanya bisa dibaca oleh smartphone). Bentuknya External Memory : Kartu Memori dll. OUTPUT DEVICE Output device (alat output) adalah peralatan yang berfungsi untuk menghasilkan keluaran, bisa berupa kertas ( hard copy ), layar monitor ...

BAHASA RAKITAN

Pertemuan Ke 1 (Satu) Tujuan Instruksional Khusus Mengerti dan Memahami Assembler dan Sistem bilangan Pokok Bahasan Pengenalan Bahasa Rakitan dan Sistem Bilangan Sub Pokok Bahasan - Pengenalan Bahasa Rakitan - Sistem bilangan biner - Sistem bilangan oktal - Sistem bilangan desimal - Sistem bilangan hexadesimal Daftar Pustaka 1. Tuntunan Praktis Pemrograman Assembly, Hartono Partoharsojo 2. Pemrograman dengan Bahasa Assembly, Susanto 3. Microprocessor Programmer’s, referensi Intel Co Apa Itu Bahasa Rakitan (Assembler) ? Bahasa Rakitan termasuk ke dalam bahasa tingkat rendah dan merupakan bahasa dasar komputer. Bahasa ini memerlukan logika yang cukup rumit di samping instruksinya yang jauh berbeda dengan bahasa pemrograman lainnya. Program yang dihasilkan memiliki kecepatan yang paling baik. Kelebihan dari bahasa rakitan adalah : 1. Memiliki fasilitas fungsi dan makro (ciri khas bahasa pemrograman yang menyebabkan pemrograman menjad...

CONTOH PROGRAM ASSEMBLY PENJUMLAHAN

PENJUMLAHAN 7+2=9 ========================================================================== .model small .code org 100h mulai: mov ah,01h mov bh,7 mov al,bh add bh,30h mov bl,2 mov al,bl add bh,bl mov ah,02h add bl,30h mov dl,bh int 21h int 20h end mulai  ==========================================================================